Ticker

6/recent/ticker-posts

Pentingnya Mengetahui Kalender Menstruasi untuk Cek Masa Subur

Optimapost - Siklus menstruasi penting untuk diketahui. Hal ini karena siklus menstruasi menjadi tanda ladies menentukan kapan masa subur dan mengetahui usia kehamilan apabila ladies dinyatakan hamil. 

Bagi ladies yang berharap segera memiliki buah hati, kalender menstruasi bisa ladies gunakan untuk mengetahui masa subur. Masa subur setiap wanita tergantung siklus menstruasi yang ladies alami. Siklus menstruasi ini dihitung dari hari pertama ladies menstruasi bulan ini hingga hari pertama ladies menstruasi di bulan berikutnya. Seringkali siklus menstruasi berlangsung selama 21-35 hari. 

Nah, supaya ladies mengetahui kapan masa subur terjadi, ladies perlu untuk membuat kalender menstruasi. 

Waktu terjadinya masa subur pada wanita

Menstruasi pada hari pertama menjadi tanda dimulainya siklus kalender menstruasi. Ketika siklus menstruasi berlangsung, indung telur atau ovarium melepaskan sel telur ke rahim melalui tuba falopi. Pelepasan sel telur ini dinamakan masa ovulasi. 

Guna mengetahui masa subur, ladies alangkah baiknya memahami lama siklus menstruasi ladies. Untuk mengetahui lama siklus menstruasi, berikut caranya: 

  • Ladies hitung hari pertama menstruasi dalam satu bulan hingga bulan berikutnya. Misalnya ladies menstruasi pada 1 Januari dan menstruasi lagi pada 2 Februari. Maka jarak waktu antara 1 Januari dan 2 Februari adalah 32 hari.

  • Selanjutnya dikurangi siklus menstruasi terpendek ladies dengan angka 18. Misalnya siklus menstruasi terpendek ladies 28, maka 28 dikurangi 18 adalah 10. Hal ini berarti hari ke 10 dalam siklus menstruasi ladies adalah hari pertama masa subur.

  • Kemudian ladies kurangi jumlah siklus menstruasi terpanjang ladies dengan angka 11. Misalnya siklus menstruasi terpanjang ladies 32 hari, maka 32 dikurangi 11 adalah 21. Hal ini berarti hari ke 21 adalah hari terakhir masa subur. 

Dengan mengetahui masa subur ini, ladies yang ingin memiliki buah hati disarankan untuk melakukan hubungan dengan pasangan pada hari ke 10 hingga 21 dalam siklus kalender menstruasi ladies. 

Nah, bagi ladies yang memiliki siklus menstruasi tidak teratur, bisa menentukan masa subur dengan metode pengukuran suhu tubuh basal atau menggunakan metode lendir serviks. 

Ladies bisa memanfaatkan kalender menstruasi untuk meningkatkan peluang kehamilan. Ladies juga bisa menggunakan kalender menstruasi sebagai alat KB alami. Artinya masa subur bisa membantu pasangan untuk menunda kehamilan secara alami.

Posting Komentar

0 Komentar