Ticker

6/recent/ticker-posts

Sekolah Internasional VS Nasional? Mana yang Lebih Baik


 

Masa depan yang cerah datang dari pendidikan yang baik. Jikalau Anda mampu mengirimkan anak untuk study di BSJ Jakarta Intercultural School, mengapa harus ragu. Sekolah ini bertaraf internasional dan bekerja sama dengan MIT. Di BSJ, Anda berkesempatan menyekolahkan anak dari jenjang TK hingga program SD dan seterusnya.

Pilih yang Mana? Sekolah Internasional VS Nasional

Duduk mendiskusikan pendidikan anak merupakan hal yang kompleks apalagi sekarang banyak sekali sekolah yang bagus dengan sistem keamanan dan kenyamanan study tingkat tinggi. Supaya lebih mudah memutuskan antara sekolah internasional dan nasional, yuk ketahui apa yang membedakan antara keduanya. 

Kurikulum Sekolah

Sekolah dengan skala internasional menerapkan kurikulum internasional, contohnya Cambridge International Examination, International Primary Curriculum hingga International Baccalaureate. Masing-masing kurikulum tersebut memiliki pendekatan pembelajaran yang unik dan menarik.

Sebut saja IPC yang diaplikasikan di berbagai negara. Kurikulum ini menitikberatkan pada peserta didik. Sekolah mencoba untuk membentuk karakter anak sejak mereka kecil. Itulah mengapa BSJ yang juga menerapkan IPC menyediakan program pendidikan jenjang TK dan SD. Program mereka dipersiapkan sebaik mungkin untuk menyosong masa depan anak yang cerah.

Sementara itu, kurikulum sekolah berskala nasional masih mengacu pada kurikulum Kemendikbud. Ada tiga kompetensi atau aspek yang harus diberikan pengajar pada peserta didik saat mengaplikasikan kurikulum ini salah satunya aspek psikomotorik yang mengasah keterampilan anak. 

Bahasa Pengantar

Dalam proses belajar mengajar, sekolah nasional menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utama. Peserta didik mungkin menerima pembelajaran bahasa asing seperti bahasa Inggris, bahasa Jerman atau bahasa lainnya sebagai bagian dari mata pelajaran bahasa.

Berbanding terbalik dengan sekolah internasional yang sudah pasti mengharuskan para siswanya untuk berkomunikasikan menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris merupakan bahasa asing utama yang harus dikuasai anak sebelum bahasa asing lainnya. 

Dewan Guru

Sangat sedikit atau jarang sekali kita melihat Sekolah Dasar atau SMA nasional yang memiliki guru asing sebagai pengajar utama. Namun pemandangan guru asing bukanlah pemandangan aneh pada sekolah bertaraf internasional.

Contohnya jika Anda mengunjungi British School Jakarta. Sekolah ini telah dibentuk pada tahun 1974 dan memperoleh pengakuan baik dari Indonesia maupun negara lainnya. Hampir semua pejabat di BSJ adalah orang asing dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni. 

Sarana dan Prasarana

Fasilitas adalah salah satu alasan mengapa banyak orang tua yang memilih sekolah internasional daripada nasional. Sekolah dengan taraf internasional memiliki fasilitas terlengkap termasuk sarana dan prasarananya. Anda akan melihat lapangan bola yang besar, lapangan tenis, kolam renang, gedung teater dan sebagainya.

Semua fasilitas terbaik yang telah disebutkan sebelumnya bisa Anda dapatkan ketika mengantarkan anak registrasi ke BSJ. Selain sarana dan prasarana terlengkap, sekolah ini juga menyediakan program kunjungan pendidikan, kegiatan liburan dan sebagainya.

Sedangkan, fasilitas sarana dan prasarana di sekolah nasional masih sangat terbatas. Anggaran pembangunan sekolah nasional masih diatur oleh negara.

Dari semua perbedaan yang ada, menurut Anda mana yang lebih baik dari sekolah internasional vs nasional? Pilih sekolah yang tidak hanya bagus secara fasilitasnya namun juga mampu membentuk karakter dan kepercayaan diri anak sejak kecil. Bagaimana pun juga, sekolah yang baik akan berdampak besar bagi masa depan anak di masa mendatang.

Posting Komentar

0 Komentar