Ticker

6/recent/ticker-posts

Serba-Serbi Seputar Coklat Bubuk dan Kegunaannya


Optimapost - Makanan dan minuman yang bercita rasa coklat memiliki penggemar tersendiri di kalangan masyarakat. Meskipun identik dengan kesukaan anak kecil, nyatanya juga banyak disukai oleh orang dewasa. Memakan bahan satu ini dipercaya bisa mengembalikan mood yang buruk. 

Hal ini dikarenakan mampu meningkatkan hormon endorphin yang mampu membuat siapapun yang mengkonsumsinya bahagia. Jenisnya sangatlah beragam, tidak terbatas pada jenis untuk siap santap seperti yang sering kita temukan di rak-rak supermarket. Namun ada jenis coklat yang dipergunakan untuk mengolah makanan dan minuman, salah satunya adalah coklat bubuk atau cocoa powder.

Cocoa powder terbuat dari bungkil atau ampas biji cocoa yang telah dipisahkan lemak coklatnya. Bungkil atau ampas biji ini dikeringkan kemudian digiling hingga halus sehingga terbentuk tepung coklat. Proses pembuatan jenis bubuk atau cocoa powder bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu:

1. Melalui proses natural.
Kebanyakan cocoa powder yang dijual di pasaran merupakan cocoa powder yang dibuat dengan proses natural. Jenis ini dibuat dari bubur atau balok coklat pahit, dengan sebagian besar lemaknya telah dihilangkan hingga tersisa 18-23% saja.

2. Melalui proses dutch.
Untuk jenis cocoa powder yang diproses secara dutch banyak digunakan untuk membuat coklat panas karena memiliki aroma yang lebih lembut.

Cocoa powder merupakan jenis yang mempunyai aroma kuat, tidak tengik, tidak mudah berjamur, dan tidak bulukan. Di pasaran jenis cocoa powder ada dua macam, yaitu cocoa powder berwarna pekat dan beraroma pahit yang berguna untuk mengeringkan adonan kue, dan cocoa powder dengan kepekatan sedang. Untuk jenis cocoa powder sedang cukup mudah ditemukan di supermarket.

Coklat bubuk memang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan makanan maupun minuman. Namun pastikan memilih coklat yang tepat untuk digunakan, terlebih jika sudah mengetahui berbagai macam jenis yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk yang bingung harus berbelanja kemana dan ingin cara mudah untuk mendapatkannya, bisa berbelanja di Tokowahab, transaksi belanja di dini bisa dilakukan melalui smartphone maupun PC, tentunya lebih praktis bagi yang memiliki banyak kesibukan.

Posting Komentar

0 Komentar