Ticker

6/recent/ticker-posts

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Saat Perut Kosong

Saat perut kosong, tubuh berada dalam keadaan paling sensitif. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi agar tidak menimbulkan masalah kesehatan. Menurut Pafi Lamandau berikut ini adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat perut kosong:

1. Kopi

Kopi adalah minuman yang populer di seluruh dunia. Namun, minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan produksi asam lambung, yang dapat menyebabkan gastritis atau peradangan pada dinding lambung. Selain itu, kafein dalam kopi juga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan menyebabkan perut terasa mulas.

2. Buah Asam

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, dan tomat mengandung asam sitrat yang tinggi. Mengonsumsi buah asam saat perut kosong dapat menyebabkan iritasi pada dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Hal ini dapat menyebabkan sensasi terbakar di lambung atau refluks asam.

3. Minuman Bersoda

Minuman bersoda mengandung karbon dioksida yang dapat menyebabkan perut kembung dan meningkatkan produksi asam lambung. Minum soda saat perut kosong juga dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan rasa tidak nyaman di perut.

4. Permen Karet

Mengunyah permen karet saat perut kosong dapat merangsang produksi asam lambung karena gerakan mengunyah yang dilakukan. Asam lambung yang diproduksi tanpa adanya makanan untuk dicerna dapat merusak dinding lambung dan menyebabkan gastritis.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas seperti cabai dan saus pedas dapat mengiritasi dinding lambung dan meningkatkan produksi asam lambung. Mengonsumsi makanan pedas saat perut kosong dapat menyebabkan perut terasa panas dan tidak nyaman.

6. Makanan Manis

Makanan manis yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang cepat. Saat perut kosong, tubuh lebih sensitif terhadap perubahan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan pusing dan kelelahan.

7. Alkohol

Minum alkohol saat perut kosong dapat mempercepat penyerapan alkohol ke dalam darah, yang dapat menyebabkan efek mabuk lebih cepat dan lebih parah. Selain itu, alkohol juga dapat merusak dinding lambung dan menyebabkan peradangan.

Yuk dapatkan informasi selengkapnya terkait obat, suplemen, vitamin dan seputar kefarmasian dengan mengunjungi laman https://pafilamandau.org/ sebagai laman resmi organisasi Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI).

Posting Komentar

0 Komentar